CERPEN KARYA SEKAR AYU TIRTA SAFA (X MIPA 1)

 MERDEKA CARAKU 

 

Tangisku pecahgemuruh di dadaku semakin kuat tatkalatertera siaran pengumuman mengatakan bahwa aku berhasilmendapatkan medali emas untuk negeriku tercinta Indonesia. Suara sorak penonton mengumandangkan nama Indonesia sertamerta mengibarkan bendera merah putih semakin membuattubuhku gemetarTatapan bangga yang mereka tunjukkan padakumembuatku lantas menjerit kemudian meloncat dari pagarpembatas kolam berlari memeluk pelatih yang tengah menangisbangga atas pencapaianku di usia yang masih terbilang sangatmuda

 

Coach..emas coach…EMAS PERTAMAKU COACHH!!!” aku berteriak sembari menahan rasa bahagia yang berada di puncakPelatihku mengangguk kuat sembari menepuk – nepukpunggungkukemudian beliau mengambil sesuatu dari dalamtasnya yang kuyakini adalah bendera kebangsaan Indonesia sang pusaka merah putih. “Kami bangga memiliki putri bangsa terbaikseperti kamu Cendanaterimakasih” ,ujar beliau sebelummenyuruhku untuk mengibarkan bendera tersebut dihadapanpenonton yang berasal dari seluruh penjuru dunia itu

 

Hingga kini tiba saatnya untuk pemasangan medali bagi para pemenangaku berjalan pelan menuju keatas podium masihdengan bendera merah putih berada dalam kibaran tangankuIniadalah medali emas pertama yang kudapatkan dan kupersembahkan untuk Indonesia, tak ayal jika sampai saat inikakiku bergetar hebat dengan rasa haru yang masih memuncakmenduduki tingkat pertama emosionalku saat ini

 

Congratulations for you Cendana Bratajaya, Indonesia will be proud of you” aku tersenyum manis saat salah seorang jurimengalungkan medali emas serta mengatakan kalimat itukepadaku.

 

Setelah prosesi pengalungan medalikini saatnya lagukebangsaan Indonesia Raya dikumandangkanJari – jemarikusemakin dingin saat melihat bendera merah putih berada di posisitertinggi diantara bendera bendera para pemenang dari negara lain. Air mataku kembali lolos melihat pemandangan didepankuyang menampakkan rukun serta bersatunya rakyat Indonesia saatini, bersikap hormat memandang penuh binar kearah sang pusakasembari bernyanyi bersama dan setelah itu mereka semuaberpelukan menyalurkan rasa persaudaraan serta rasa bangganya,tepat pula bulan ini adalah bulan Agustus dimana sebentar lagihari kemerdekaan Indonesia akan tibaIni merdeka yang akuinginkan, dan inilah merdeka yang sesungguhnya

 

Lamunanku buyar saat seorang gadis yang kuyakini berumursedikit lebih muda dariku duduk di kursi yang ada didepankuiatersenyum manis kemudian mulai membolak – balikkan kertasyang bisa kutebak isi didalamnya adalah pertanyaan – pertanyaanyang akan diajukan untukkuNamun tiba – tiba netraku taksengaja menangkap seorang lelaki mengenakan kaos gasatangberwarna putih yang dipadukan dengan kemeja coklat dan juga celana levis berwarna hitam berjalan masuk mengenakan masker medis serta beberapa buku di tangannya. Satu hal darinya yang menarik perhatianku adalah diantara buku yang ia bawa terdapatsebuah majalah keluaran lama yang bersampulkan fotoku saatmasih menjadi seorang atlet sekitar 4 tahun yang lalu tepatbeberapa bulan setelah pertandinganku diadakan

 

Baik kak Cendana bisa kita mulai ya?” tanyanyaAkumengangguk mantap mempersilahkan dirinya membuka sesiwawancara yang sudah membuatku menunggu sekitar 30 menitlamanya

 

Halo temen – temen semua selamat datang kembali di channel Indonesia Bangetperkenalkan nama saya PramuningtyasCahyani, di sini saya yang akan mewakili pertanyaan teman temandi luar sana untuk ditanyakan kepada kakak Cendana Bratajayayang kebetulan sudah duduk di depan sayauntuk kak Cendanaapakah berkenan?” Aku kembali mengangguk karena jikamenolak maka wawancara yang sudah direncanakan bulan lalu iniakan batal dan membuat seluruh rancangan acara yang dibuatsusah payah oleh tim hancur dan akan membuat mereka kecewanantinya apalagi itu karena ulahku. “Baikkak Cendana sepertiyang kita ketahui selama hampir dua tahun ini kita terjebak dalamkubangan hitam pandemi Covid – 19 nah tentunya hal inimembuat pergerakan pemuda untuk menunjukkan kreativitasnyamenjadi terbatasUntuk kak Cendana sendiri apa sih yang biasanya dilakukan untuk tetap berkreasi walau berada dalammasa pandemi seperti ini?” tanyanya panjang lebar dan dengantempo yang cepat membuatku sedikit meneguk saliva kasar harusmenjawab dari mana. Aku berdehem sebentar sembarimemikirkan jawaban apa yang harus aku lontarkan

 

Setelah sepersekian detik aku pun mulai menjawab “Tak adabatasan ruang bagi orang kreatif dalam berkreasi dan berprestasi.Jadi pandemi bukanlah menjadi penghalang bagi mereka yang terus berkreasi dan malah mungkin dijadikan sarana baru dalamkreasi merekaseperti halnya sayapandemi saat ini bukanlahmenjadi penghalang bagi saya untuk terus berkarya dalam bidangyang saya tekuni yakni dalam dunia tari. Untuk kebiasaan yang saya lakukanselama masa pandemi saya biasanya membuatkoreografi tari tentang makna merdeka bagi Indonesia apalagidalam masa seperti inikemudian setelah tarian itu jadi saya akanmenyebarluaskannya ke sosial media atau bahkan website luarnegeri agar mereka tahu bahwa beginilah cara kami dalammenangani pandemi covid sesuai dengan arti dan maknakemerdekaan suatu bangsa  , tuturku panjang lebarKulihat gadis itu tersenyum kecil sembari mengangguk paham bersiapmengajukan pertanyaan berikutnya

 

Mungkin orang mengenal kakak sebagai salah satu atletrenang muda yang memperoleh medali emas 4 tahun yang lalubisa diceritakan gak kak mengapa sekarang kakak memilih masukke dalam dunia seni seperti halnya dunia tari?” tanya gadis itulagi. Aku tersenyum kecil mengingat betapa ambisinya dirikupada saat itu yang harus mendapatkan medali emas dengan alasanagar bisa membanggakan bangsa Indonesia. “Karena pada dasarnya saya ingin tetap menjaga budaya serta tradisi bangsa di tengah banyaknya budaya barat yang perlahan mulai masuk keIndonesia, dan ingin membuat masyarakat bangsa Indonesia tetapbangga memiliki kebudayaan serta tradisi yang unik yang takkalah apik dari budaya luar tersebut

 

Baik selanjutnyaapa sih artinya kemerdekaan bagi seoranggadis bernama Cendana Bratajaya ini?” Aku terdiam sejenaksulitbagiku untuk merangkai kata – kata dalam waktu yang cepat makadari itu butuh waktu sekitar 5 detik bagiku merangkai kata barulahkemudian menjawab pertanyaannya “Arti kemerdekaan bagikuadalah membanggakan bangsa Indonesia serta membuat banggapara pahlawan yang berjuang untuk tanah air iniMembanggakanIndonesia tidak harus dengan mengikuti olimpiadelombainternasional dan lain sebagainyamembanggakan Indonesia itudengan membangun kerukunan antarsesamasaling menjagawarisan yang diberikan oleh nenek moyangserta toleransiantarumat beragama, para pahlawan tidak pernah meminta kitauntuk terus mengikuti lomba – lomba ke sana kemari, tapi beliausemua menitipkan bangsa ini serta meminta kita untuk menjagarasa nasionalisme serta kerukunan agar Indonesia sampaikapanpun tak akan pernah terpecah belah” 

 

Jadi bisa dibilang Tuhan saat ini seperti tengah mengujibagaimana cara kita tetap menjaga tali persaudaraan dalam masa pandemi Covid – 19, menguji bagaimana sikap kita bergotongroyong dalam membantu warga yang terdampak Covid, memberikan dukungan moral kepada merekasaling membantuantarsesama, dan lain sebagainyaSikap inilah yang diharapkanpara pahlawan agar tetap kita jaga sampai kapanpun” 

Terdengar semua orang yang ada di ruangan mulai bertepuktangan begitupun juga dengan Tyasaku hanya menanggapinyadengan cara menaikkan sudut bibirku melawan arah gravitasiPerlahan suara tepuk tangan itu mulai menghilang digantikandengan suara deheman dari Tyas yang bersiap kembalimenghujaniku dengan pertanyaannya.

 

Jawaban kakak ini sepertinya akan menyindir para pemuda atau masyarakat yang masih acuh maupun enggan untuk menjalintali persaudaraanhehe…. tapi tidak apa – apa agar kita semuasadar makna kemerdekaan bagi suatu bangsa termasuk untuk dirikita sendiriBaik kita masuk ke pertanyaan selanjutnya.Bolehkah diceritakan sedikit bagaimana perjalanan kak Cendanamulai dari menjalani profesi sebagai seorang atlet hingga menjadiseorang penari seperti sekarang ini?” 

 

Aku meremat ujung kemejaku pelanaliran darahku seketikaseperti mengalir deras dari atas ke bawahPertanyaan inimembuatku kembali teringat akan memori dimana akumendapatkan medali emas yang kudambakan sejak umur 5 tahunitukembali teringat dimana pertama kalinya aku menangiskencang hanya karena melihat banyak sekali rangkulan sertadukungan dari para penonton yang berasal dari Indonesia. Takpeduli berapapun usianyawarna kulitnyaagamanya maupunperbedaan lainnyamereka semua saling merangkul satu samalain. Itulah alasan mengapa tangisku pecah pada saat ituAkumengepalkan tangan mencoba tetap tenang agar tak kentara bahwasaat ini diriku sedang dilanda rasa gugup yang luar biasa

 

Pada saat itu saya berumur sekitar 17 tahun masih denganambisi saya yakni harus bisa membawa setidaknya medali emasuntuk Indonesia, sebelum berangkat saya banyak mendapatkandukungan dari siapapun yang berpapasan dengan saya di jalanbaik dari golongan muda maupun golongan tua padahal saya tidakmengenal mereka semuaDukungan moral inilah yang dapatmembangkitkan api yang ada di dalam diri saya untuk semakinyakin bisa membawa medali emas pulang ke negeri inimerekasemua menatap saya dengan banggapenuh senyuman serta penuhharapTibalah saat dimana hari itu saya akan bertanding denganpara atlet senior dari berbagai negara, teriakan nama CendanaBratajaya serta negara Indonesia seakan memenuhi stadion pada saat ituTak hanya dukungan dari masyarakat Indonesia, sebelummasuk ke arena saya mendapat semangat dari pada atlet senior dari berbagai negara tersebut karena pada saat itu saya adalahsalah satu diantara 2 atlet termuda di sanaTak lama kemudianpertandingan pun dimulaiKecepatan saya masih dibilang kurangbisa mengimbangi para atlet lain pada saat itu namun kembali lagidi dalam air saya masih bisa mendengar teriakan dukungan daripara penonton dan entah mengapa teriakan mereka semua sepertimengisi kembali energi saya. Mungkin karena teriakan dukunganitukecepatan saya bisa melampaui kecepatan atlet lain dan disitulah pada akhirnya saya mendapatkan medali emas untukIndonesia pertama kalinya”. 

 

Aku menghirup napas sejenak sebelum kembali melanjutkankisahku “Selang 2 tahun setelah itu saya memutuskan untukmeninggalkan dunia atlet dan kembali mengejar pendidikan di salah satu universitas di Surabaya dan menjadi bagian darimahasiswi jurusan seni di sanajika ditanya mengapa saya masukke dalam dunia seni tari maka jawabannya adalah karena ayah saya adalah seorang penari dan sedari kecil saya diajarkan banyaksekali kebudayaan khususnya dalam dunia tari oleh beliausayamerasa senang melakukan aktivitas tersebut dan semakin inginmendalaminya apalagi tari merupakan salah satu kebudayaanmilik Indonesia. Mungkin itu merupakan alasan mengapa seorangCendana Bratajaya dari yang 4 tahun lalu menjadi atlet renangkini beralih profesi menjadi seorang penari hehe” ,jelaskupanjang lebar. Kulihat Tyas seperti ingin menanyakan sesuatu diluar naskah namun ia kembali menutup mulutnya rapat tak jadibertanyaAku mulai bergerak gelisah karena pantatku terasasangat lelah karena duduk terlalu lama, bayangkan saja aku sudahduduk disini setengah jam yang lalu ditambah sesi wawancara inisudah berjalan sekitar 15 menit lamanya

 

Tyas sepertinya paham dengan gerak gerikku yang sudahmulai tak enakia dengan cepat membuka kertas pertanyaankemudian menatapnya dengan lamat “Okekurang 2 pertanyaannihboleh ya kak?” tanyanya memastikanAku hanyamengangguk sembari berharap pertanyaan yang ia ajukan tidakperlu berpikir lama sekaligus jawaban yang panjang

 

Okepernahkah kakak ketemu orang yang mendukung atletrenang lain dan karena saking sukanya sama atlet itu sampai – sampai dia gak akan terima kalau bukan atlet kebanggaannya yang menang dan bagaimana sikap kakak jika menghadapi hal sepertiitu?” Aku mengulang memori mencoba mengingat kembaliapakah ada orang seperti itu pernah bertemu denganku, dan sekarang aku mengingatnya “Saya pernah mendapatkan perlakuanseperti itu dari seseorangdan  saya merasa sedikit menyayangkansikapnyaBagi saya boleh-boleh saja mendukung seseorangdengan sepenuh hati namun yang saya khawatirkan jika sudahsampai tahap seperti itu dia bisa memecah belah rakyat Indonesia dengan kata – kata maupun tindakannya dan hal itu sangat akanmerugikan banyak orang. Dan saya tidak ingin orang seperti itumemecah negara ini dan membuat Indonesia yang awalnya guyubrukun malah saling bertengkar hanya karena berbeda pendapat dan beda kesukaan. Tindakan saya pada saat itu adalah takmenanggapi apapun cemoohannya dan justru saya semakinmengeratkan persaudaraan antara saya dan atlet yang iabanggakan serta ia idolakan tujuannya agar dia sadar bahwa damaiitu lebih baik dan menunjukkan bahwa kami samasamamerupakan putraputri bangsa terbaik yang terpilih untukmembanggakan negara ini jadi tak ada alasan lagi untuk diamembanding– bandingkan kami semua” 

Aku menghembuskan napas kasar, rasa lelah yang mulaimelanda pula dengan pertanyaan yang menurutku sedikitmembuat emosionalku naik, rasa lapar yang kian semakinmembuat moodku berantakanOke selanjutnyaseperti yankitaketahuibulan ini adalah bulan Agustus bulan terpenting dan sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, nah menurut kakCendana bagaimana sih caranya agar kita bisa mendapatkan yang namanya kemerdekaan di tengah pandemi saat ini?” tanyanyalebih antusias dari sebelumyamungkin karena pertanyaan iniadalah pertanyaan terakhir serta jawaban terakhir dan setelah itusesi wawancara ini selesaientahlah

 

Caranya meraih kemerdekaan di masa pandemiMenurutsaya untuk mencapai kemerdekaan di masa pandemi covid – 19 tidak terlalu susahteman – teman di rumah pasti mengetahui apaitu sikap nasionalisme dan patriotismeyakni rasa cinta tanah air, bangga menjadi bagian dari bangsa inisaling rukun dan gotong royong, toleransi antarumat beragamamenghargai pendapatorang lain, dan lain sebagainyaTerapkan dan tanamkanlah sikaptersebut dalam diri kalian dengan kalian menerapkannya makasaya sangat yakin negara ini akan terus berkembang menjadinegara maju serta dipandang baik oleh negara lain”. 

 

Baikterimakasih kak Cendana sudah mau kita undangsebagai narasumber di segmen Talk With Anak Indonesia, terimakasih juga sudah membagikan pendapat serta kisahnya disiniUntuk pertanyaan lain seputar topik yang kita bahas bisaditanyakan di sosial media kita @/Indonesiabanget.id sayaPramuningtyas Cahyani salam anak Indonesia, sampai jum-…” ucapan gadis itu terpaksa terhenti oleh suara salah seorang lelakiyang aku tahu sedari tadi diam memperhatikan pembicaraan kami di pojok ruangania mengacungkan tangannya ke atas, dan lucunya lelaki yang bertanya itu adalah lelaki yang tadi di awalsegmen sempat menarik perhatianku karena telah membawamajalah berisi fotoku yang dirilis 4 tahun yang lalu Boleh tanyagaksatu aja ,ujarnya sedikit berharap. Tanpa perlu mendapatpersetujuan dari Tyas dan timnya aku langsung menganggukkankepala mempersilahkan ia mengatakan kalimat pertanyaan yang sepertinya saat ini juga harus aku jawab. “Bagaimana cara yang bisa dilakukan oleh pelajar dalam meraih kemerdekaan di masa pandemi ini?” Dengan tenang sesaat setelah aku menganggukkankepala menyetujui keinginannyaaku terdiam sepersekian detiksedikit terpaku dengan wajahnya yang tampan dan tampakmenenangkannamun mau tak mau kesadaranku harus kutarikkembali saat Tyas menepuk pahaku pelan kemudian bertanyaKakGapapa?” Baik, rasa malu mulai menjalar saat kedapatansedang terpaku oleh sesuatu apalagi hal ini karena oknum yang sedang bertanya ini memiliki wajah yang lumayan tampan. 

 

Sebagai pelajarkita juga harus bisa beradaptasimemandangpandemi ini sebagai sesuatu yang membuat kita belajarSepertiyang dikatakan oleh Ki Hadjar Dewantara "Setiap orang menjadiguru, setiap rumah menjadi sekolah". Pada dasarnya kita akan bisabelajar dari siapapun dan dimanapun.

Kita harus berkaca dari kesalahan masa lalu yang membuatpandemi ini menyebar dengan sangat cepat. Yang kita haruslakukan sekarang adalah selalu waspada terhadap keadaanselalumenggunakan masker dan patuhi protokol kesehatan yang adaMeskipun bersama orang-orang terdekat kitakita harus tetapmematuhi protokol kesehatanHindari pertemuan berkelompokbersama orang yang tidak serumah dan yang tidak esensialSelamatkan diri Anda, keluarga dan masyarakat sekitar Anda. Jadilah orang yang bertanggung jawab dalam penanganan covid-19

Era kita berbeda dengan era Ki Hadjar Dewantarakita bisabelajar kapanpun dan dimanapun dengan teknologi yang adatidak perlu melakukan kontak fisik secara langsungSebagaipelajarcara kita untuk melanjutkan perjuangan para pahlawanadalah dengan belajar dan memupuk rasa nasionalisme agar memiliki pandangan positifoptimis dan cinta pada bangsasehingga bisa menjadi generasi penerus yang menghargai jasa-jasapara pahlawan”. Setelah mendengarkan jawabankulelaki itutersenyum manis menampilkan deretan giginya yang rapi sertamengacungkan kedua jempolnya ke atasAkupun reflekmengangkat sudut bibirku hingga menciptakan bulan sabit di kedua mataku. “Baik kita akhiri saja segmen inisayaPramuningtyas Cahyanisampai jumpa”. 

 

“Alhamdulillah Ya Allah!” teriak salah seorang kru tim yang sedari tadi fokus dengan kamera yang digunakan untukmendokumentasikan wawancara kami. “Maaf ya kak kalau tadi sisemprul tiba-tiba bertanya di akhir segmen” ,ujar Tyas memelas.Aku mengerutkan kening bingung “semprul?” tanyaku yang membuat gadis itu terlonjak “Aduh maaf bukan semprul tapi Jefrakak hehe. Aku menggelengkan kepala heran. Kok bisa dipanggilsemprul sih?” tanyaku lagi namun kali ini bukan Tyas yang menjawab melainkan orang yang dijuluki ‘semprul’ itu yang menjawab “Karena saya suka menanyakan sesuatu tanpa melihatkondisi juga karena saya suka sempol” tuturnya yang membuatkusedikit terperanjat karena keberadaannya yang tepat beradadibelakangku. “Obegitu” jawabku seadanya karena jujur sajadetak jantungku saat ini terasa seperti naik wahana roller coaster. “Pipi kamu kok merah?” tanya lelaki yang diketahui bernamaJefra ituaku lantas memegang kedua pipiku yang entah mengapaterasa panas “Di sini hawanya panas yaKok pipi saya panas?” tanyaku polos yang ditanggapi kekehan kecil dari Jefra “Kalausalting itu bilang” ujarnya seraya mencubit pelan hidung mancungkecil milikkuapa katanya? Salting? apakah dia ngelanturJelas – jelas yang kurasakan adalah hawa panas yang tiba – tiba menjalardi sekitar pipiku bukan salah tingkah yang ia maksudaduhuntung saja tadi Tyas bergegas pergi saat temannya memanggilnamanya dan menyisakan aku dan Jefra saja di pembicaraan ini

 

Terimakasih kak Cendana!!!!” ujar semua tim yang berkisarhanya sekitar 5 orang dan semuanya mematuhi protokol kesehatansaat aku akan keluar dari studio tempat mereka bekerja, “Terimakasih untuk ilmunya kak” ,ujar Jefra kemudian yang akutanggapi dengan anggukan singkat

 

Aku berjalan keluar dari gedung dengan langkah bahagiasedikitpun aku tak pernah menyangka bisa lahir di negara yang sangat menjunjung tinggi sopan santunkeramahtamahansertagotong royong. Aku merasa sangat bangga bisa dilahirkan di negara ini

 

Hari ini akan menjadi hari yang paling menyenangkan dan terkenang dalam hidupkubisa membagikan kisah serta pendapatyang aku harap bisa bermanfaat untuk semua kalanganSekalilagiinilah merdeka yang aku inginkan dan inilah merdeka yang sesungguhnya yang tak mengenal segala kondisi untuk meraihnya.

 

Sebagai generasi mudajangan pernah berhenti berkarya dan berkreasiMerdekakan karya dan kreatifitas kita walaupun dalammasa pandemi saat iniPandemi bukan mengekang kita untukhanya berdiam diritermangu dalam lamunanJadikan pandemiini sebagai momentum kita untuk tetap belajarberkarya dan berkreasi

 

Comments

Popular posts from this blog

JADWAL DAN BAGAN PERTANDINGAN 3X3 COMPETITION

17AN DOELANAN

INIVTASI BASKET SMADA & DOEA 3X3 BASKETBALL COMPETITION 2019