CERPEN KARYA TSABITAH AZLIATUS SALAMAN (XI MIPA 3)

 PAHIT PALING MANIS

 

“Yang tabah ya Ardhanikhlas

Kalimat itu sudah terucap entah berapa kali dari mulut orang yang beberapa bahkan tidak kukenalMereka hanya sekedarmengucapkantanpa tahu rasa sebenarnya dari kehilangan

Hari sudah mulai petangtidak ada pelayat lagiSegera akumengunci pintuberharap para pelayat selanjutnya mengertibahwa penghuni satu-satunya rumah ini sudah tak menerimasiapapun lagi untuk mengucapkan kalimat duka.

 

Aku kembali duduk di tempat sebelumnyaberusaha mencernasemua hal yang terjadiSudah lelah kutahan tangisku dari detikpertama orang tuaku dikabarkan meninggal akibat kecelakaantakut jika orang-orang akan merasa kasihan padaku

Perlahan memori bersama orang tuaku terpapar jelas tanpa izinBenteng pertahanan ku runtuhaku menangis sejadi-jadinyaBerusaha sebisa mungkin tidak mengeluarkan suara meskipunrasanya sesak.

 

Belum siap rasanya jika harus hidup sendiri setelah iniTidak adalagi ayah yang diam-diam membelikan makanan pedas favoritkusepulang kerjanamun anehnya tetap ketahuan oleh ibuku danberujung ceramah selama satu jam lamanyaLucubaru sekarangaku merindukan hal yang sebelumnya sangat kuhindari.

 

Aku rindu omelan ibuaku rindu sikap jahil ayah, aku rindusemua hal tentang keluarga kecil kita sebelum kalian harus pergiselamanya karena sopir truk sialan itu

Langit telah gelapbintang mulai bermunculan menambahindahnya malamAku masih meringkuk di tempat yang samabadanku sampai kaku rasanyaDaripada meratapi nasib seperti inisepertinya aku harus benar-benar mengikhlaskan kepergian orang tua ku.

__________

 

Sudah satu bulan sejak kepergian orang tua kuNyatanya akumasih belum bisa mengikhlaskan kepergian merekaSelama iniaku hidup tidak teraturPenampilan acak-acakanrambutberminyakkulit kusamdan wajah kotorPersediaan apapunmulai menipisapalagi uang. Mau tidak mau aku harus mencarikerjakarena tidak ada pesangon atau pensiunan dari orang tuaHanya rumah ini yang menjadi warisan satu-satunya

 

Ini hari pertamaku mencari kerjaBerangkat mengenakan kemejaputih yang kutemukan di lemari ayah, dengan celana hitam danCV yang baru selesai aku print barusanlangkahku sangatbersemangatHingga di tengah jalan aku melihat berita yang memaparkan bahwa negara ini telah terkena pandemi yang mengharuskan warganya tetap di rumah.

Seketika kaki ku lemasaku terdiam di tempatBelum cukup jugatuhan menguji hamba-Nya dengan mengambil hartanya yang paling berhargaSekarang tidak diizinkan bekerja pula?   

    

Kembali ke rumah dalam keadaan lemas tak mendapat apa-apaAku duduk lunglai di kursiMemikirkan ide se-kreatif mungkinagar dapat menghasilkan uang di masa pandemi inimengingatpersediaan yang mungkin tidak cukup untuk seminggu kedepan.

 

YaOnline Shop paling bisa bantu gue seenggaknya buatpondasi” Begitu pikirku

Sekarang beralih ke modal. Aku mana punya uang untuk modal, buat makan saja pas-pasanLalu aku ingatmasih punya bibi yang tinggal jauh dari tempat tinggalku sekarangAku yakin bibikupasti mau meminjamiku uangmengingat betapa seringnya beliaumain ke rumah waktu ayah masih hidup.

 

Kuyakinkan tekadku menuju kota dimana bibi tinggal denganbiaya yang mepetBergegas memesan tiket dengan jadwal siang, agar sampai disana bisa sekalian menginap hanya semalamMembawa baju seadanya sajajuga oleh-oleh untuk bibi

 

Naik kereta selama 3 jam cukup pegal ternyataKeluar daristasiunaku naik kendaraan umum untuk sampai di rumah bibiyang memang tidak jauh dari stasiunYa sekalian menghematuang pula. Setelah sampaidengan perasaan was-was kuketukpintu rumahnya. Tak berapa lama muncul bibi yang masih terlihatcantik meskipun hendak menginjak kepala lima, dengan balutandaster batik selututmenatapku kaget dan seperti tidak nyaman.

 

Assalamualaikumbibi” Ucapku seraya mengulurkan tanganingin bersalaman.

“Eh? Iya Ardhanngapain kesini?” 

Tangannya tidak menerima salamkuTepat di depanku diamenggunakan hand sanitizer seperti telah bertemu seonggok virus yang siap menyerangnyaBahkan aku belum memegang tanganbibi.

Bukannya bibi menanyakan kabarku untuk basa-basibeliaulangsung menanyakan untuk apa aku berada disiniSetidaknyapersilahkan keponakanmu satu-satunya ini masukAku tahumemang aku dari kota yang jauh dan memberi kemungkinanmembawa virus. Aku siap jika harus disterilkan terlebih dahulu,namun bukan perlakuan seperti ini yang kuharapkan sebenarnyaAku sangat kecewaKemana bibiku yang ramah itu?

Aku boleh masuk dulu ga bi? Hehe barusan habis naik keretalamaaa banget buat ke rumah bibicapek.

 

Belum sempat bibi menjawab pertanyaan kudatanglah pamanmenginterupsi tiba-tiba dengan wajah sangarnya

Loh ArdhanKamu jauh-jauh kesini ngapainUdah rapid test belumPaman ga nerima orang jauh kayak kamu yaPergi kalokamu belum tunjukkan bukti kamu negatif Covid”.

Aku lebih kaget lagiDiusirTubuhku bergetar menahan amarahKepalan tanganku semakin kuat ketika paman membasahi dirikudengan disinfektanTuhan sepertinya tidak memihakkubelakangan ini.

 

“Gini ya perlakuan paman sama bibiAku tahu aku mungkinberpotensi bawa virus. Tapi ga bisa kah memperlakukanponakanmu ini sedikit lebih baikMemangnya aku pernah berbuatsalah apa sama kalian?”

Paman nampak sangat marah sama denganku. Kami beradu tatapseakan bersedia melahap satu sama lain. Bibi menengahi, “Ardhanseperti yang kamu tahukamu mungkin berpotensi bawavirus, jadi ya kami ga bisa nerima kamu masukMemangnya adahal genting apa sampai kamu kesini?”

 

Mencoba menyabarkan diri sendirikemudian menjelaskan padamereka, Aku mau buka usaha toko online bi, itung-itung hasilnyabisa untuk kehidupanku sehari-hari selama pandemi inikedatanganku kemari niatnya mau pinjam uang kalau paman danbibi bersediauntuk modal usaha ku iniNanti kalau sudahberjalan dan aku udah dapet penghasilan yang cukupaku pastibayar hutangku” 

 

Kau tahu apa yang terjadi setelah ituMereka benar-benarmengusirkuMenolak mentah-mentah apa yang barusan kuajukanBilang bahwa mereka juga butuh uang disaat pandemi initakakan bisa pinjami aku uangPaman tampak sangat muak sampai-sampai menutup pintu dengan rapat setelah mendorong tubuhkuhingga terpental ke belakang.

 

Terpaksa aku pergimeninggalkan oleh-oleh untuk bibi di depanpintu. “Apa ya yang akan kulakukan jika pulang ke rumahAtauaku menetap disini saja sampai dapat modal?” Kataku dalam hatiSejenak aku berhenti di warung untuk makandengan laukseadanya.

Di samping tempat ku duduk, ada sekumpulan bapak-bapak yang sepertinya membicarakan topik yang serius

Loh makanya itugedung sebelah ini kan belum selesaipembangunannyajadi si arsitek nya malah minta pekerja barupadahal bisa diselesain sama pekerja yang tersisa inisusah bangetsekarang cari pekerja” 

Aku terkesiap. Pekerja katanyaMeskipun jadi buruhaku pun mauKuberanikan mendekat ke arah bapak-bapak tersebutlantasbertanya apakah aku bisa melamar menjadi pekerja di proyekpembangunan ituMereka mengiyakanJangan ditanya lagibagaimana perasaankusaking senangnya sampai aku hampirmembanting piring makanan tanpa sisa di meja ini.

Mereka bilang aku harus menghubungi arsiteknya terlebih dahuluSetelah mendapat kontaknyasegeralah aku menelfon si arsitekTak butuh waktu lama untuk wawancaraakhirnya aku diterimadan bisa bekerja mulai esok pagi

 

Malam ini aku memutuskan tidur di proyek pembangunantersebutkarena benar-benar tidak ada tempat lagi untuk akuberistirahat.

Keesokan harinyaseragam kudapatkan lengkap dengan topi, gratis! Sangat seru bekerja di hari pertamaMeski bekerjamenggunakan masker agak pengaptapi rasanya menyenangkanbisa bertemu orang baru disini. Bos bilang aku bisa mendapatkangaji setiap seminggu sekaliitu tidak termasuk biaya makanjadiaku bisa makan gratis selama bekerja di proyek ini.

 

Sampai saat ini aku masih bekerja di tempat proyek pembangunanyang sama. Bangunannya hampir selesaihanya saja tinggalpemasangan atapItu artinya sebentar lagi aku bisa pulang kerumahSelama bekerja di proyek ini aku mendapatkan gaji yang cukupditambah aku bisa beradaptasi dengan baik bersama para pekerja nya. Ketika sedang istirahat siangaku dan beberapa rekankerjaku mengambil makanan yang terletak di sudut bangunankami pun langsung makan di tempatSejenak aku melepas topipelindung kepala karena udara terasa panasNamun setelahnyaaku menyesal telah melepas topi. Yasalah satu atap besi tepatdiatas kepalaku terpeleset dari tangan pekerja dan berakhir jatuhmenancap langsung ke kepalakuPandanganku seketika gelaptelingaku berdengingdarah mulai menetes dari atas kepalasetelah itu kurasakan diriku jatuh lemas dan tak sadarkan diri

__________

 

Dokanak saya masih bisa bangun kanSaya tadi lihat sendiridokanak saya gerakin tangannya dokitu tanda kalau dia bakalsegera sadar kan dok?”. Suara familiar merasuki Indrapendengaran kuSeperti suara ibuDisusul suara berat lelaki yang menjelaskan bahwa itu biasa terjadi ketika koma. Sekuat tenagaaku berusaha membuka mata

 

Dokter yang menyadari pergerakan ku langsung memeriksamenggunakan alat-alat yang tidak pernah aku tahuTunggusebentarApa iniKenapa ibuku bisa ada disiniAku ingatdengan jelas waktu ituTidakini pasti hanya halusinasi karenaaku rindu ibu. Tak lama kemudian datanglah pria denganperawakan gagah memasuki ruangan

 

Mataku terbuka lebar saking kagetnya. Ayah??. Aku tidak lagimemperhatikan dokter yang sibuk mencari perhatiankuMatakutertuju fokus pada dua orang di depanku iniBagaimana bisamereka bangkit kembali?

__________

 

Setelah beberapa hari dokter berkutat dengan alat-alatnya untukmemeriksakuakhirnya aku diperbolehkan masuk ke ruang rawatinapAku ingin cepat-cepat bertemu orang tua kuSelain rinduaku harus mempertanyakan semua ini.

 

Beberapa jam sesudah aku dipindahkan, ayah ibuku datangmembawa perlengkapan seperti baju dan beberapa makanansepertinya untukkuMereka menghampiri bankar tempatkuterbaring dengan antusias dan terharuTanganku terulurmenyentuh wajah ibuku, pun bergantian pada wajah ayah. Akubenar-benar merindukan merekaJika ini mimpi sekalipunakuberharap bisa tidur selamanyaKuberanikan diri bertanya dengannada yang lemas, “Ayah, ibuaku ini sebenarnya kenapa?”

 

Mereka menatapku masih dengan tatapan lembutmenjelaskankalau sebenarnya aku telah koma selama lebih dari 2 bulan akibatkecelakaan proyek ketika atap besi menimpa kepalaku saat akuikut ayah untuk bertemu temannyaJelas aku sangat kagetjadiselama ini aku hanya mimpiLantas aku bertanya kembali, “Sudah pandemi ya yah, bu?”.    

 

Reaksi mereka lebih kagetbertanya-tanya mengapa aku bisa tahusoal pandemi padahal sudah koma sebelum pandemi ini ada. Akupun menceritakan seluruh mimpiku yang terhitung dua bulan ituSelama aku berceritatak pernah ku dapati tatapan mereka merasabosan atau malas

Mereka senantiasa antusias mendengar ceritaku inibukti bahwamereka sama rindunya denganku

 

Beberapa minggu setelah aku sadarakhirnya aku bisa pulang kerumah dalam keadaan sehatSebelum pulangaku memintakepada kedua orang tua ku untuk mampir ke supermarketmembeli beberapa sembako yang berguna untuk orang lain di masa pandemi. Kupaksa diriku keluar dari mobilmembagikansendiri sembako-sembako yang telah dibelimenyaksikansenyuman orang yang bahkan tidak kukenal rasanya sangatmenyenangkanSetidaknya di masa yang paling menyiksa iniakubisa membantu mereka memerdekakan kehidupan keluargakecilnya.

Comments

Popular posts from this blog

JADWAL DAN BAGAN PERTANDINGAN 3X3 COMPETITION

17AN DOELANAN

INIVTASI BASKET SMADA & DOEA 3X3 BASKETBALL COMPETITION 2019